Tuesday, November 15, 2016

Dasar Jaringan Komputer

dah lama ga update artikel ya... oke hari ini mimin mau update tentang dasar jaringan komputer... langsung baca artikelnya ya.. semoga bermanfaat
Image result for dasar jaringan komputer
Pengertian jaringan computer
Jaringan computer pada hakekatnya adalah dua computer atau lebih yang terhubung satu dengan yang lainnya. Perangkat yang dapat dihubungkan tidak terbatas pada computer saja, melainkan termasuk printer dan perangkat-perangkat keras yang lain. Sebagai penghubung, dapat digunakan kabel atau media lain yang tidak menggunakan kabel, misalnya gelombang radio dan sinar inframerah.

Istilah-Istilah Jaringan
Sebelum pembicaraan mengenai jaringan diperdalam, ada baiknya istilah istilah tersebut dibahas terlebih dahulu. Beberapa istilah dalam jaringan yang akan dibahas adalah:
-server
-client
-Node
-Peer to peer
-Local dan remote
-protokol
-kartu jaringan
-Repeater, bridge, dan router
-Gateway
-Firewall

server
Server adalah sebuah computer yang menyediakan file, sumber daya, atau layanan tertentu yang dibutuhkan dalam sebuah jaringan. Jaringan skala kecil umumnya hanya memiliki sebuah server, namun jaringan dengan skala lebih besar dapat memiliki dua server atau lebih.
client
Client adalah computer yang bukan server. Jika server menyediakan file, sumber daya atau layanan tertentu, maka client adalah computer yang meminta file, sumber daya, atau layanan tersebut. Misalkan saja ada istilah “aplikasi database client/server” maka artinya adalah sebuah server yang menyimpan file file database dan aplikasi pada client hanya dapat berjalan apabila telah mendapatkan informasi dari database yang ada di server.
Node
Pada dasarnya semua perangkat keras yang terhubung ke jaringan akan disebut node, entah itu berupa sebuah computer server, sebuah computer clinet, atau sebuah printer. Intinya, jika perangkat tersebut terhubung ke jaringan maka perangkat tersebut adalah sebuah node.
Peer to peer
Dalam jaringan peer to peer tidak terdapat server maupun client. Jadi, setiap computer yang terhubung ke dalam jaringan tersebut memiliki tingkatan yang sama. Umumnya jaringan yang bersifat peer to peer digunakan untuk sharing (berbagi pakai) data atau printer. Jaringan dengan sifat peer to peer seringkali disebut juga workgroup.
Local dan Remote
Istilah local menunjukkan berbagai sumber daya yang ada didalam sebuah computer, baik perangkat keras maupun perangkat lunak. Jika computer tersebut akan mengakses sumber daya yang ada di dalam dirinya sendiri, sudah tentu ia tidak perlu “mengarungi” jaringan sehingga disebut sebagai local.
Mengikuti jalan pikiran yang sama, berbagai sumber daya yang harus diakses dengan menempuh jaringan terlebih dahulu disebut dengan remote.
Protokol
Jika komputer-komputer dalam sebuah jaringan diibaratkan kumpulan manusia yang saling berkomunikasi maka tentunya mereka harus mengerti bahasa yang sama agar dapat saling berkomunikasi. Protokol dapat diumpamakan sebagai bahasa tersebut.
Protokol yang paling umum digunakan sehingga pasti dikenal oleh berbagai macam jaringan adalah TCP/IP. Ibarat bahasa, TCP/IP adalah bahasa inggris yang meruoakan bahasa internasional. Salah satu protokol yang lain adalah IPX (InterPacket Exchange) yang digunakan system operasi Novell NetWare.
Kartu Jaringan
Kartu jaringan merupakan perangkat keras yang menerjemahkan sinyal-sinyal jaringan ke bentuk paket data yang dimengerti computer. Komponen ini disebut kartu karena umumnya berbentuk kartu yang harus ditancapkan ke computer, baik pada slot PCI atau SCSI.
Pada bagian belakang (back panel) kartu jaringan terdapat lubang konektor yang digunakan untuk menancapkan kabel jaringan. Konektor kabel jaringan yang terdapat pada kartu jaringan ada dua macam, yaitu BNC dan RJ-45 (UTP). Konektor BNC berbentuk seperti kabel antena TV dan sekarang sudah amat jarang digunakan. Konektor RJ-45 berbentuk seperti konektor kabel telepon, namun jumlah kabelnya lebih banyak.
Repeater, Bridge, dan Router.
Ketiga istilah tersebut adalah perangkat keras yang fungsi utamanya adalah menghubungkan dua buah jaringan.
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal dari sebuah segmen jaringan ke segmen jaringan yang lain. Repeater bermanfaat untuk mengatasi keterbatasan panjang kabel karena sinyal yang telah melemah setelah menempuh jarak tertentu dapat diperkuat kembali.
Bridge berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan yang memiliki segmen yang sama. Selain memperkuat sinyal seperti yang dilakukan repeater, bridge juga melakukan transmisi ulang paket data dari satu segmen ke segmen yang lain.
Router berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan yang memiliki segmen yang berbeda. Untuk membedakan router dengan bridge, dapat diambil analogi bus antarkota. Bridge dapat diibaratkan bus AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi), sedangkan router diibaratkan AKAP (Antar Kota Antar Provinsi).
Gateway
Gateway berfungsi sebagai antarmuka sebuah jaringan skala kecil dengan jaringan berskala jauh lebih besar, misalnya antara sebuah LAN dengan internet. Gateway juga dapat melakukan translasi protokol di antara kedua jaringan tersebut.
Firewall
Firewall adalah system keamanan pada sebuah jaringan. Firewall dapat berupa sebuah perangkat keras maupun perangkat lunak. Tugas firewall adalah mencegah akses yang tak berizin agar tidak dapat masuk ke dalam jaringan.

Semoga Bermanfaat ^-^


EmoticonEmoticon